Buku Tamu


cbox

About Me

Foto Saya
Tidak ada simpanan yang lebih berguna daripada ilmu. Tidak ada sesuatu yang lebih beruntung daripada adab. Tidak ada kawan yang lebih bagus daripada akal. Tidak ada benda ghaib yang lebih dekat daripada maut.

Recent Posts

Labels

Kamis, 08 November 2012

HID dilarang??

Sesuai dengan judul di atas, kami akan membahas tentang lampu HID atau High Intensity Discharge yang akhir-akhir ini marak sekali digunakan di jalan. lalu apa yang di maksud lampu HID itu sendiri ? apa berbeda dengan lampu yang sering di gunakan ? berikut penjelasannya.


 










HID (High Intensity Discharge) atau yang lebih dikenal dengan nama lampu Xenon mampu menghasilkan cahaya dengan tingkat intensitas yang tinggi. Untuk tingkat keterangan warna dari lampu HID ditentukan oleh satuan derajat Kelvin (K). Sedangkan untuk menyalakan lampu HID diperlukan Ballast yang merupakan alat untuk menyediakan dan mengendalikan voltase lampu termasuk juga untuk menstabilkan aliran listrik.

Jenis/Tipe Lampu HID
Sekarang ini sudah banyak sekali jenis lampu HID dari berbagai merk / tipe dengan kualitas yang berbeda-beda, produksi dan penggunaannya pun saat ini tidak hanya untuk mobil melainkan motor pun sudah bisa. Karena banyak merk dan kualitas yang berbeda-beda inilah kita harus jeli dalam memilih lampu HID untuk diaplikasikan pada kendaraan, terutama buat pengguna mobil.

Untuk jenis/tipe lampu HID yang beredar dipasaran, umumnya terdiri dari lampu-lampu model H1,H3,H4,H7,H8,H11,HB3,HB4. Yang membedakan satu dengan yang lainnya ada pada kedudukan bohlamnya, sedangkan untuk ballast sama semuanya. Model yang umum beredar di Indonesia adalah tipe H4 dimana antara lampu jauh dengan lampu dekat jadi satu.

Tingkat Keterangan Warna
Lampu HID punya banyak tingkat keterangan yang ditentukan berdasarkan satuan derajat Kelvin (K) dan setiap nilai memiliki warna sinar lampu yang berbeda-beda. Berikut adalah macam warna berdasarkan tingkat derajat Kelvin (K)

1. 4300K Kuning
2. 5500K Putih agak kuning
3. 6500K Putih
4. 8500K Putih-biru
5. 10000K Biru agak ungu
6. 12700K Ungu
7. 15000K Pink


Buat agan-agan yang pecinta touring atau adventure pasti udah ga asing sama barang yang satu ini. Memang banyak orang beranggapan kalo lampu ini mengganggu pengguna jalan lain karena cahayanya yang sangat 'silau'. Namun bagi pecinta touring atau adventure ini sangat berguna, karena untuk melihat kondisi di depannya dengan jelas, asal sesuai dengan etika kita memakainya. Contoh kalo dalam 1 rombongan ada 20 motor lalu pake HID semua, jelas itu akan mengganggu pengguna jalan lain maupun teman rombongan itu sendiri karena cahaya yang dihasilkan akan memantul ke spion. Kata "Bijak" sangat diperlukan kalau agan pingin make lampu ini. Berikut tips-tips yang perlu di perhatikan saat memakai atau bertemu pengguna HID :

1. Pakai projie/projector untuk mengurangi penyebaran cahaya, atau pakai skotlet untuk menghemat biaya
 

2. Kalau dalam rombogan touring, setidaknya hanya 1 yang memakai, yaitu pemimpin rombongan karena RC atau Road Captain bertanggung jawab atas keselamatan rombongannya. HID ini berfungsi untuk melihat kondisi jalan sejelas-jelasnya.

3. Bagi pengguna jalan yang berpapasan, jangan melihat ke arah sumber cahaya karena dapat menimbulkan kebutaan sementara. Hal itu dapat membahayakan pengendara
4. Yang terkahir, kalau ga benar-benar membutuhkan, "DIHARAP JANGAN PAKAI."


Sekarang sudah banyak pabrikan mobil di Indonesia yang memakai HID sebagai lampu utamanya, mengingat di Eropa lampu HID sudah dilarang karena membahayakan.

Quote : Jalanan Makin Silau makin berbahaya

0 komentar

Posting Komentar